Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten Tanah Laut Pada Gelaran Pilkada 2020
16 Desember 2020, 15:16:56

Sarankan

Balairung Tuntung Pandang Pelaihari. (15/12/2020)
KPU Kabupaten Tanah Laut telah melaksanakan tahapan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten Tanah Laut dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Tahun 2020 pada Selasa, 15 Desember 2020 dengan aman dan lancar. Sejumlah personil dari Polres Tanah Laut dan juga satuan Brimob Polda Kalsel serta TNI turut mengamankan jalannya acara.

Asisten Bidang Pemerintahan H. Bambang Kusudarisman, unsur forkopimda, Bawaslu Kabupaten Tanah Laut, Saksi Pasangan Calon 01, Saksi Pasangan Calon 02, PPK Se-Kabupaten Tanah Laut serta stakeholder terkait turut berhadir dalam acara yang digelar di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari tersebut.

Bambang Kusudarisman yang juga secara resmi membuka Rapat Pleno Terbuka dalam sambutanya menyampaikan.

"Kita harus mensyukuri proses Pilkada 2020 di Tanah Laut yang telah selesai dengan kondusif, aman dan lancar. Hal ini merupakan hasil kerjasama kita semua, KPU sebagai penyelenggara, dukungan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut, unsur Forkopimda yang ikut mengamankan, serta masyarakat Taanah Laut yang begitu arif dan bijaksana mengikuti Pilkada kali ini walau ditengah pandemi", ungkapnya.

Apresiasi serupa turut disampaikan Ketua KPU Kabupaten Tanah Laut Arif Mukhyar kepada masyarakat Kabupaten Tanah Laut, unsur Forkopimda, Stakeolder terkait, jajaran penyelenggara panitia pemilihan dari KPPS, PPS, PPK, serta jajaran badan pengawas dari Panwas TPS, Panwas desa/kelurahan, dan Panwascam. Keberhasilan penyelenggaraan Pilkada kali ini memang harus disyukuri, namun juga akan tetap ada beberapa hal yang harus di evaluasi.

"Kita sampaikan terimakasih dan apresiasi sebesar besarnya atas keberhasilan kita menyelenggarakan pilkada dengan aman dan sukses sesuai rencana. Peran seluruh kepanitiaan dari tingkat desa hingga kecamatan, peran aparat keamanan dan dukungan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut", tutur Arif.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian rekapitulasi hasil penghitungan suara sebanyak 11 Kecamatan oleh PPK dari masing-masing Kecamatan yang dipimpin oleh Muhamad Hanapi, Anggota KPU Divisi Teknis Penylenggaraan, dengan tanpa adanya kendala dan juga disepakati oleh seluruh pihak, baik Saksi Pasangan Calon 01, Saksi Pasangan Calon 02 maupun Bawaslu Kabupaten Tanah Laut.

Dari hasil rapat pleno tersebut, disampaikan dan disepakati dalam Berita Acara Dan Sertifikat Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Dari Setiap Kecamatan Di Tingkat Kabupaten Tanah Laut Dalam Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Tahun 2020 dimana data perolehan suara di Kabupaten Tanah Laut untuk Pasangan H. Sahbirin Noor, S.Sos., MH dan H.Muhidin calon nomor urut 01 berjumlah 47.215 suara, dan untuk pasangan Prof. H. Denny Indrayana, S.H., LL.M., Ph.D dan Drs. H. Difriadi calon nomor urut 02 berjumlah 60.550 suara. Jumlah suara sah 107.765 suara dan jumlah suara tidak sah sebanyak 5.342 suara.