KPU Tanah Laut Hadiri Rapat Koordinasi Pemerintah Daerah dan Instansi Vertikal Dalam Rangka Tindak Lanjut Analisa dan Evaluasi Pelaksanaan Kampanye Pilkada Tahun 2020
20 November 2020, 16:17:55

Sarankan

Jorong, Tanah Laut. (19/11/2020)
Jorong, Tanah Laut – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tanah Laut menghadiri Rapat Koordinasi Pemerintah Daerah dan Instansi Vertikal dalam rangka tindak lanjut dari rapat koordinasi sebelumnya mengenai Analisa dan Evaluasi Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020 serta terkait Peraturan Bupati Nomor 99 Tahun 2020 tentnag Protokol Kesehatan Covid-19 dan Pengenaan Sanksi terhadap Pelanggaran Pelaksanaan Protokol Kesehatan dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Tanah laut pada hari Rabu, 18 Nopember 2020 di Pantai JBG Desa Swarangan, Jorong, Tanah Laut.

Rapat koordinasi tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Tanah Laut, H. Sukamta, dan juga dihadiri oleh unsur Forkompimda Tanah Laut, diantaranya Ketua DPRD Tanah Laut, Dandim 1009 Pelaihari, Perwakilan Polres Tanah Laut, Kepala Kejari, Ketua Pengadilan Negeri, dan Ketua Pengadilan Agama, serta Bawaslu Kabupaten Tanah Laut, membahas tentang kesiapan pelaksanaan tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan tahun 2020 di Kabupaten Tanah Laut.

Ketua KPU Kabupaten Tanah Laut, Arif Mukhyar, pada kesempatan pertama menyampaikan terkait tahapan-tahapan yang sedang berjalan menuju penyelenggaraan pada tanggal 9 Desember 2020. “Saat ini sedang berlangsung beberapa tahapan yang sedang dilaksanakan, yaitu yang pertama pembentukan badan adhoc KPPS dan Petugas Ketertiban untuk 700 buah TPS se Kabupaten Tanah Laut, dan yang kedua adalah tahapan kampanye oleh pasangan calon yang telah berlangsung sejak tanggal 26 September yang lalu sampai dengan 5 Desember 2020”. Terkait kampanye ini, Arif menambahkan bahwa ada yang berbeda pada kegiatan kampanye pada pilkada tahun ini dimana metode kampanye rapat umum ditiadakan. Hal ini menyelaraskan dengan ketentuan peraturan kesehatan untuk tidak melakukan kegatan-kegiatan yang sifatnya mengumpulkan massa dalam jumlah besar.

“Tahapan ketiga adalah pemenuhan kelengkapan logistik untuk pilkada, dimana untuk Pilkada tahun ini ada dua macam logistik yang harus dipenuhi, yaitu logistik kelengkapan TPS sebagaimana biasanya, dan ditambah dengan logistik alat pelindung diri (APD) untuk petugas di TPS”, lanjut Arif. Hal ini adalah merupakan komitmen KPU untuk menyediakan TPS yang bebas dari penyebaran covid-19.

Selanjutnya diskusi berjalan dengan penyampaian kondisi persiapan menjelang pelaksanaan 9 Desember 2020 dari setiap instansi. Berbagai pertimbangan dan saran menjadi masukan yang konstruktif untuk lebih mempersiapkan penyelenggaraanya.

Bupati Tanah Laut sebelum menutup rapat juga berpesan kepada penyelenggara Pilkada di tingkat Kabupaten yaitu, KPU dan Bawaslu agar selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah terkait setiap tahapannya, dan menyampaikan hal-hal yang dianggap menjadi kendala sehingga dapat diambil solusi untuk penyelesaian setiap masalah.