KPU Kabupaten Tanah Laut Melaksanakan Kegiatan Pendidikan Pemilih Kepada Penyandang Disabilitas
26 Desember 2019, 17:06:05

Sarankan

Foto Bersama di Halaman Kantor KPU Kabupaten Tanah Laut Bersama Masyarakat Penyandang Disabilitas. (Kamis, 26 Desember 2019)
KPU Kabupaten Tanah laut dalam rangkaian kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih menuju pemilihan serentak tahun 2020 kepada masyarakat yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih yang telah dikelompokan menjadi beberapa basis diantaranya yang telah dilaksanakan kepada basis pemilih muda, basis komunitas, basis keagamaan, basis pemilih perempuan dan basis pemilih pemula. Kini giliran KPU Kabupaten Tanah Laut memberikan sosialisasi kepada pemilih penyandang disabilitas dalam kegiatan "Pendidikan Pemilih Berbasis Pemilih Disabilitas" yang dilaksanakan pada Kamis, 26 Desember 2019 bertempat di Media Center Kantor KPU Kabupaten Tanah Laut.

Dalam hal ini KPU Kabupaten Tanah Laut bekerja sama dengan Dinas Sosial Kabupaten Tanah Laut. Dimana peserta atau masyarakat disabilitas yang berhadir didampingi oleh Penyuluh Sosial Masyarakat yang merupakan mitra/perpanjangan tangan dari Dinas Sosial Kabupaten Tanah Laut yang bertugas melaksanakan kegiatan penyuluhan sosial bidang penyelenggaraan kesejahteraan sosial di Kabupaten Tanah Laut.

Pada kesempatan ini Anggota Komisioner KPU Kabupaten Tanah Laut Rudy Pratikno, SE dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan menyampaikan ucapan terimakasih kepada para peserta sosialisasi yang berhadir terutama Dinas Sosial Kabupaten Tanah Laut yang tentunya mendukung atas terlaksananya kegiatan ini.

“Karena melindungi hak pilih bagi setiap masyarakat yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih merupakan tugas KPU sebagai lembaga yang menyelenggarakan pemilihan, dimana ini telah di atur dalam undang-undang” tuturnya.

Raden Wahyudin Syahru R, S.S.T selaku Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Dinas Sosial Kabupaten Tanah Laut yang juga ikut berhadir dalam kesempatannya menyampaikan, bahwa diperkirakan terdapat sekitar 3000 jiwa penyandang disabilitas yang tersebar di Kabupaten Tanah Laut. Ia juga menghimbau kepada Penyuluh Sosial Masyarakat yang berhadir untuk dapat membantu masyarakat disabilitas yang belum memiliki KTP Elektronik ke Dinas terkait agar kedepannya bagi masyarakat disabilitas memiliki KTP Elektronik, karena selain sebagai kartu identitas diri, KTP Elektronik juga dapat digunakan untuk keperluan tertentu ataupun sebagai syarat untuk mendapatkan hak sebagai warga negara dan dalam hal ini tentunya hak-hak polotik.

“Ini merupakan tugas kita bersama untuk melindungi hak bagi masyarakat penyandang disabilitas, mengingat saat ini KPU Kabupaten Tanah Laut juga mempersiapkan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2020” Ujarnya

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Fendi haryadi, S.Pi selaku Anggota Komisioner KPU Kabupaten Tanah Laut Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM yang memberikan materi tentang demokrasi, pemilu, bentuk-bentuk partisipasi pemilih serta pentingnya untuk menghindari hoax, bullying, ujaran kebencian dan pemberitaan sara yang tidak benar kepada 50 peserta sosialisasi yang berhadir. Beliau juga berharap kedepannya agar KPU Kabupaten Tanah Laut dan Dinas Sosial lebih aktif bekerjasama dalam melindungi hak-hak bagi penyandang disabilitas.

Lalu dalam sesi akhir kegiatan dilakukan penyerahan piagam penghargaan untuk Dinas Sosial Kabupaten Tanah Laut dan dilakukan foto bersama di halaman Kantor KPU Kabupaten Tanah Laut.