Diskusi Kepemiluan Bersama Mahasiswa/i Politeknik Negeri Tanah Laut Menyongsong Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel Tahun 2020
01 November 2019, 17:09:51

Sarankan

Anggota KPU Provinsi Kalsel Edy Ariansyah dalam memberikan materi seputar kepemiluan kepada Mahasiswa/i Politeknik Negeri Tanah Laut bertempat di KPU Kabupaten Tanah Laut (Rabu,30/10/2019)
Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tanah Laut sesuai dengan rencana kegiatan fasilitasi dan audensi yang telah disusun, pada hari Rabu, 30 Oktober 2019 melaksanakan Kegiatan Diskusi Kepemiluan di Rumah Pintar Pemilu “Tuntung Pandang” KPU Tanah Laut dengan tema “Pentingnya Pendidikan Politik dan Demokratisasi Bagi Generasi Muda dalam Menyongsong Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Tahun 2020”. Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 wita diikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa/i perwakilan dari berbagai jurusan di Politeknik Negeri Tanah Laut. Dalam kesempatannya, kegiatan diskusi kepemiluan ini dihadiri oleh Edy Ariansyah selaku Anggota KPU Provinsi Kalimantan Selatan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM sebagai narasumber utama, juga seluruh anggota Komisioner KPU Kabupaten Tanah Laut, Sekretaris dan tentunya Petugas Rumah Pintar Pemilu “Tuntung Pandang” KPU Kabupaten Tanah Laut.

Kegiatan Diskusi Kepemiluan di Rumah Pintar Pemilu “Tuntung Pandang” dengan tema “Pentingnya Pendidikan Politik dan Demokratisasi Bagi Generasi Muda dalam Menyongsong Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Tahun 2020” dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya diikuti oleh seluruh peserta, dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Hendra Suryana selaku Kasubbag Teknis dan Hupmas KPU Kabupaten Tanah Laut. Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua KPU Kabupaten Tanah Laut Arif Mukhyar yang sekaligus membuka kegiatan Diskusi Kepemiluan di Rumah Pintar Pemilu “Tuntung Pandang”. Dalam sambutannya Arif Mukhyar menyampaikan kepada para mahasiswa/i bahwa kedepan nantinya tidak menuntut kemungkinan jika mereka yang menjadi penerus dalam menjalankan sistem demokrasi di Indonesia.

Pada sesi selanjutnya masuk pada inti kegiatan utama yakni penyampaian materi “Pentingnya Pendidikan Politik dan Demokratisasi Bagi Generasi Muda dalam Menyongsong Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Tahun 2020” oleh Edi Ariansyah. Beliau menyampaikan materi mengenai Pentingnya Pemilu, Demokrasi, dan Politik. Dalam sesi ini beliau juga mempersilahkan kepada para peserta dalam mengemukakan pendapat ataupun bertanya seputar materi yang disampaikan. Kegiatan dilanjutkan dengan Penjelasan Mengenai Tata Cara Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara oleh Muhammad Hanapi Komisioner yang membidangi Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, dilanjutkan dengan Praktek Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara yang diikuti oleh seluruh peserta diskusi dimana dalam sesi ini para peserta dipandu oleh Safwansyah, salah satu petugas Rumah Pintar Pemilu. Pada sesi ini pula para mahasiswa/i dilibatkan langsung sebagai petugas yang ada di TPS seperti petugas KPPS, Pengawas TPS dan Saksi agar dapat memahami bagaimana tugas serta tanggung jawab pada saat pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

Sebelum berakhirnya kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan Piagam Penghargaan kepada Mahasiswa/i Politeknik Negeri Tanah Laut oleh Edi Ariansyah dan dilakukan foto bersama Anggota KPU Provinsi Kalimantan Selatan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM serta seluruh Anggota KPU Kabupaten Tanah Laut dan Kesekretariata KPU Kabupaten Tanah Laut.