KPU Kabupaten Tanah Laut Melakukan Verifikasi Faktual Lima Kategori Data Pemilih
20 Maret 2019, 17:49:14

Sarankan

Minggu 17 Maret 2019, KPU Tanah Laut Melaksanakan Verifikasi Faktual Lima Kategori Data Pemilih
Menindaklanjuti laporan Tim Kampanye Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden 02 (BPN 02) mengenai Data Pemilih invalid untuk Pemilu 2019 pada awal Maret lalu, KPU Kabupaten Tanah Laut Bersama Bawaslu Kabupaten Tanah Laut, Tim Kampanye Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 01 dan Tim Kampanye Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 02 untuk wilayah Kabupaten Tanah Laut didampingi PPK dan PPS juga bersama Panitia Pengawas Desa/Kelurahan (PPDK) pada hari Minggu, 17 Maret 2019 melakukan verifikasi faktual langsung ke lapangan berkenaan dengan data pemilih di Kabupaten Tanah Laut berdasarkan sampel yang diperoleh secara acak dalam Rapat yang dilaksanakan di Aula Kantor KPU Kabupaten Tanah Laut pada Sabtu malam 16 Maret 2019 bersama Bawaslu Kabupaten Tanah Laut dan Tim Kampanye Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden.

Dari data yang diperoleh didapat 5 (lima) sampel yang harus di verifikasi oleh KPU Kabupaten Tanah Laut, yang juga menjadi pokok fokus oleh Tim Kampanye Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urur 02 dan tersebar di wilayah Kabupaten Tanah laut. Adapun kategori dari data pemilih yang harus diverifikasi adalah kategori Pemilih dibawah 17 tahun, kategori Pemilih diatas 90 tahun, kategori Pemilih dengan tanggal lahir 01 Januari, kategori Pemilih dengan tanggal lahir 01 Juli, dan kategori Pemilih dengan tanggal lahir 31 Desember. Akhmad Rozi, S.Sos, M.Si selaku Anggota Komisioner KPU Kabupaten Tanah Laut Devisi Hukum dan Pengawasan yang dalam hal ini ikut langsung ke lapangan mengatakan "Verifikasi faktual ini dilakukan serentak diseluruh KPU Kabupaten di Indonesia"

Mengacu pada sampel data pemilih yang harus di verifikasi tentunya dalam hal ini KPU Kabupaten Tanah Laut bergegas melakukan koordinasi dengan PPK dan PPS untuk memudahkan proses verifikasi faktual ke lapangan. Adapun lima sampel ini merupakan data pemilih dari Kecamatan Bajuin (1 0rang), Kecamatan Bati-bati (2 orang), Kecamatan Bumi Makmur (1 orang) dan Kecamatan Takisung (1 orang) yang di verifikasi oleh dua tim dari KPU Kabupaten Tanah Laut. Tim pertama melakukan verifikasi di Kecamatan Bumi Makmur dan Kecamatan Bati-bati, sedangkan Tim kedua memverifikasi di Kecamatan Bajuin dan Kecamatan Takisung.

Dari hasil faktual ke lapangan berdasarkan sampel data pemilih yang bersangkutan semuanya ada dan dapat dijumpai, ini artinya data pemilih memang valid. Tindak lanjut seperti ini untuk menjaga kepercayaan publik terhadap data pemilih dan juga merupakan wujud transparansi KPU dalam menyikapi setiap masukan dari masyarakat.

"Untuk selanjutnya hasil verifikasi tersebut diserahkan kepada KPU Provinsi Kalimantan Selatan dan dilanjutkan ke KPU Republik Indonesia" tutur Rudi Pratikno, SE Anggota KPU Kabupaten Tanah Laut Devisi Perencanaan, Data dan Informasi.