Mengenal 5 Jenis Surat Suara Pada Pemilu Tahun 2019
09 Maret 2019, 12:50:33

Sarankan

5 Jenis Surat Suara Pada Pemilu Tahun 2019
Penyelenggaraan Pemilu 2019 mempunyai karakteristik tersendiri dari Pemilu-Pemilu sebelumnya. Karena menggabungkan antara pemilihan legislatif dan eksekutif. Hal inilah mengapa kerap pula disebut Pemilu Serentak, karena dilaksanakan pemungutan suara pada hari yang sama untuk memilih Presiden dan Wakil presiden serta Anggota DPD, DPR dan DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Salah satu tantangan dalam penyelenggaraan Pemilu 2019 yakni berkaitan dengan logistik pemilu, seperti surat suara, kotak suara, hingga bilik suara. KPU juga punya tantangan untuk membantu publik mendapatkan informasi yang benar berkaitan dengan proses pemilu.

Dalam Pemilu 2019, hal yang paling penting bagi masyarakat dalam mencoblos adalah mengenai lima kertas suara. Kelima kertas surat suara itu nantinya dimasukkan ke dalam lima kotak suara seusai dicoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Pemilu 2019 terdapat lima kertas surat suara. Pada bagian tertentu terdapat warna yang membedakan peruntukan Surat Suara tersebut. Warna abu-abu untuk Presiden dan wakil Presiden, warna kuning untuk DPR RI, merah untuk DPD RI, biru untuk DPRD Provinsi dan hijau untuk DPRD Kabupaten/Kota. Pemilihan warna ini berdasarkan Keputusan KPU Republik Indonesia, tentang desain surat suara dan desain alat bantu coblos (template) bagi pemilih tunanetra pada Pemilu Tahun 2019.

Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis surat suara untuk Pemilu 2019:

1. Surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden

Warna Abu-Abu untuk Surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, terdiri atas surat suara Pasangan Calon untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden. Surat suara Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden berbentuk lembaran empat persegi panjang yang terdiri atas dua bagian yaitu bagian luar dan bagian dalam.

2. Surat Suara Pemilu untuk Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)

Warna Kuning surat suara Pemilu untuk memilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI), sesuai dengan jumlah Daerah Pemilihan Anggota DPR. Dengan ukuran 51 x 82 cm jenis kertas yang digunakan HVS 80 gram Surat suara Pemilu Anggota DPR berbentuk lembaran empat persegi panjang yang terdiri atas dua bagian yaitu bagian luar dan bagian dalam dan tidak terdapat foto dari calon anggota DPR RI.

3. Surat Suara Pemilu untuk memilih Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI)

Surat suara Pemilu Anggota DPD berbentuk lembaran empat Persegi panjang dan berwarna merah vertikal/horizontal terdiri dari dua bagian yang disebut bagian luar dan bagian dalam dan terdapat foto dari setiap calon anggota DPD RI.

4. Surat Suara Pemilu untuk memilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi

(DPRD Provinsi)

Warna biru surat suara Pemilu untuk untuk memilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi (DPRD Provinsi) sesuai dengan jumlah Daerah Pemilihan Anggota DPRD Provinsi. Dengan ukuran 51 x 82 cm jenis kertas yang digunakan hvs 80 gram, berbentuk lembaran empat persegi panjang, vertikal terdiri dari dua bagian yang disebut bagian luar dan bagian dalam dan tidak terdapat photo dari calon anggota DPRD Provinsi.

5. Surat Suara Pemilu untuk memilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten (DPRD Kab/Kota)

Warna Hijau surat suara Pemilu untuk memilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota (DPRD Kabupaten/Kota) sesuai dengan jumlah Daerah Pemilihan Anggota DPRD Kabupaten/Kota. Surat suara Pemilu Anggota DPRD Kabupaten/Kota berbentuk lembaran empat persegi panjang, vertikal terdiri dari 2 dua bagian yang disebut bagian luar dan bagian dalam dan tidak terdapat foto dari calon anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Specimen Surat Suara Pemilu 2019 Kabupaten Tanah Laut