KPU Kabupaten Tanah Laut Mulai Melakukan Pelipatan Surat Suara Untuk Pemilu Tahun 2019
24 Februari 2019, 00:00:28

Sarankan

Kegiatan Pelipatan Surat Suara di Kantor KPU Kabupaten Tanah Laut Pada Hari Sabtu, (23/02/2019)
Sabtu, (23/02/2019) bertempat di teras Kantor KPU Kabupaten Tanah Laut sejumlah orang mulai ramai berkumpul sejak pagi untuk mendengar arahan dari Muhammad Hanapi, Anggota Komisioner Devisi Teknis Penyelenggaraan. Mereka yang berkumpul adalah petugas yang akan membantu KPU Kabupaten Tanah Laut dalam proses pelipatan surat suara Pemilu Tahun 2019. Acara diawali dengan pembukaan oleh Rudi Pratikno anggota KPU Kabupaten Tanah Laut. Beliau menyampaikan maksud dari kegiatan tersebut serta melakukan pengabsenan dengan tujuan menjaga keamanan dan pertanggung jawaban masing-masing petugas pelipatan surat suara. Kemudian dilanjutkan arahan dari Muhammad Hanapi mengenai jenis-jenis dan karakteristik masing-masing surat suara yang akan di lipat serta tata tertib yang wajib di patuhi oleh petugas pelipat surat suara. Beliau juga menjelaskan aturan pelipatan surat suara, tata cara pelipatan surat suara serta honorarium bagi petugas pelipatan.

Pelipatan surat suara dengan total keseluruhan sebanyak 2.139 kotak (1.254.387 lembar) dan hingga saat ini mencapai 107 orang petugas pelipatan surat suara yang telah terdata oleh KPU Kabupaten Tanah Laut terbagi menjadi dua tempat untuk melipat surat suara yaitu di Aula dan Teras Kantor KPU Kabupaten Tanah Laut. Dengan waktu pelipatan dimulai sejak pukul 08.00 sampai dengan 17.00 Wita, kemudian dilanjutkan pukul 20.00 sampai dengan pukul 23.00 Wita (bagi yang tidak berhalangan) pelipatan ini ditargetkan selesai dalam waktu dua minggu. Ini dapat memudahkan untuk proses selanjutnya yaitu persiapan peletakan surat suara dan logistik lainnya ke dalam kotak suara nantinya, agar semuanya siap dan tidak terlalu mendekati hari pendistribusian mengingat kegiatan KPU Kabupaten Tanah Laut sangat padat.

Kegiatan Pelipatan Surat Suara pada hari pertama di hadiri oleh Anggota Komisioner KPU Kabupaten Tanah Laut, Sekretaris KPU Kabupaten Tanah Laut, Polres Tanah Laut dan Ketua Bawaslu Kabupaten Tanah Laut beserta jajaran.