Rapat Koordinasi Persiapan Pemilu Tahun 2019
23 Februari 2019, 16:12:21

Sarankan

Selasa, (19//02/2019) Rapat Koordinasi Persiapan Pemilu Tahun 2019 bertempat di Aula Sarantang Saruntung Pelaihari
Selasa, (19//02/2019) Rapat Koordinasi Persiapan Pemilu Tahun 2019 di Tanah Laut di buka oleh Sekda Tanah Laut Syahrian Nurdin. Berhadir dalam Rapat Koordinasi yaitu Arif Mukhyar selaku Ketua KPU Kabupaten Tanah Laut, Aan Norhuda yang menjabat sebagai Sekretaris KPU Kabupaten Tanah Laut, Kajari Tanah Laut Sri Tatmala Wahanani, SH, Kapolres Tanah Laut AKBP Sentot Adi Dharmawan beserta jajaran, Ketua Bawaslu Gunawan Rahayu, S.Sos, Seluruh Camat, Kapolsek, dan PPK Se-Kabupaten Tanah Laut.

Dalam penyampaiannya Sekda Tanah Laut mengatakan bahwasanya Pemilu yang akan diselenggarakan pada tahun 2019 oleh KPU sejatinya adalah acara kita semua. Perlu adanya perhatian khusus demi terselenggaranya Pemilu tahun ini, terutama pengamanan logistik, karena melihat logistik surat suara untuk Kabupaten Tanah Laut telah sampai seluruhnya di Kantor KPU Kabupaten Tanah Laut. Antisipasi juga untuk di setiap TPS yang tersebar di seluruh Kabupaten Tanah Laut dalam hal kelengkapan dan peralatan khususnya ketersediaan penerangan karena dikhawatirkan terjadi pemadaman lampu pada saat hari pemilihan nanti, mengingat proses rekapitulasi di TPS lima tahun lalu berjalan hingga malam hari.

Arif Mukhyar selaku Ketua KPU menanggapi baik dalam hal ini sebagai masukan. Beliau juga menyampaiakan bahwasanya logistik yang telah siap untuk saat ini mencapai presentase 95%, untuk kotak suara yang berada di Gudang Logistik juga telah selesai dirangkai, tinggal pelipatan surat suara dan kesiapan jenis logistik lain yang pengerjaannya sudah dijadwalkan.

Kapolres Tanah Laut AKBP Sentot Adi Dharmawan yang menyempatkan berhadir dalam Rapat mengatakan bahwa pihak kepolisian Resort Tanah Laut akan selalu membantu pengamanan terlebih dalam proses pelipatan surat suara yang telah dijadwalkan, beliau menambahkan agar dalam perekrutan SDM pelipatan surat suara perlu perhatian penuh dari KPU, juga saat pelipatan surat suara nanti diharapkan orang yang benar mengerti dan jangan membawa barang apapaun dalam proses pelipatan.

Dalam kesempatan ini Ketua Bawaslu Kabupaten Tanah Laut Gunawan Rahayu, S.Sos juga menghimbau sebaiknya kelompok kerja dari penyelenggara pemilu dan juga pihak keamanan dapat berkoordinasi sampai ke tingkat bawah, lebih memperhatikan kesiapan pada hari pemilihan nanti seperti sarana dan prasarana dari tingkat Kabupaten Kecamatan, Desa, hingga TPS. Hal ini diutarakannya agar kotak suara yang berisi surat suara yang pendistribusiannya dilakukan dari KPU Kabupaten hingga ke TPS dapat kembali lagi ke Kantor KPU Kabupaten Tanah Laut dengan aman setelah dilakukannya proses pemungutan suara. Kemudian terkait KPPS hendaknya dalam perekrutannya diharapkan memperhatikan kualifikasi, dan KPU juga agar kiranya dapat memberi bekal berulang-ulang kepada KPPS yang terpilih nantinya. Pihak Bawaslu dari tingkat Kabupaten hingga TPS pun terus berusaha melakukan pengawasan karena bagaimanapun masih banyak terkait banyak persoalan di lapangan tuturnya.

Hal yang disampaikan dalam rapat ini menjadi masukan dan perhatian pula khususnya oleh Ketua KPU Kabupaten Tanah Laut untuk selanjutnya disampaikan kepada seluruh jajaran di Sekretariat KPU Kabupaten Tanah Laut dalam mensukseskan penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019.

Acara yang bertempat di Aula Sarantang Saruntung di lingkungan Komplek Perkantoran Gagas Pelaihari ini dimulai sejak pukul 08.00 sampai dengan 12.00 Wita.