Yuk! mengenal 3 kategori Pemilih Pada Pemilu 2019
28 Januari 2019, 10:58:13

Sarankan

Kategori Pemilih Pada Pemilu 2019
Mengenal Kategori Pemilih Pada Pemilihan Umum Tahun 2019

Daftar Pemilih Tetap (DPT)

Adalah pemilih yang telah terdaftar dalm DPT di suatu TPS yang menggunakan hak pilihnya (mencoblos) di TPS bersangkutan atau dalam PKPU No.11 tahun 2018 bahwa Daftar Pemilih Tetap yang selanjutnya disingkat DPT adalah DPSHP Akhir yang telah diperbaiki oleh PPS, direkapitulasi oleh PPK, dan ditetapkan oleh KPU/KIP Kabupaten/Kota. Pada tanggal 8 Desember 2018 lalu KPU Kabupaten Tanah Laut melakukan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPTHP-2, dimana dalam rapat disebutkan jumlah DPT Pemilu 2019 untuk Kabupaten Tanah Laut berjumlah 245.173 Pemilih. Anda dapat mengecek apakah anda telah terdaftar di DPT Pemilu 2019 atau belum secara online dengan mendowonload aplikasi “KPU RI PEMILU 2019” di Google Playstore atau di www.infopemilu.kpu.go.id.

Apabila data pemilih anda muncul maka anda dapat menggunakan hak pilih anda sesuai alamat tempat tinggal.

Lalu bagaimana apabila data pemilih anda tidak muncul?

Kemungkinan anda belum terdaftar dalam DPT, jika itu memang terjadi anda dapat melaporkannya ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) sesuai alamat tempat tinggal anda untuk kemudian dimasukan dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Daftar Pemilih Tambahan (DPTb)

Daftar Pemilih Tambahan yang selanjutnya disingkat DPTb adalah Daftar Pemilih yang telah terdaftar dalam DPT di suatu TPS asal yang karena keadaan tertentu Pemilih tidak dapat menggunakan haknya untuk memilih di TPS tempat yang bersangkutan terdaftar dan memberikan suara di TPS lain. Apa yang menyebabkan anda masuk dalam DPTb? Berikut beberapa poinnya:

– Pindah memilih karena menjalankan tugas pemerintahan di tempat lain

– Menjalani rawat inap di rumah sakit atau keluarga yang mendampingi

– Penyandang disabilitas di panti sosial

– Menjalani rehabilitasi narkoba

– Tahanan

– Siswa atau mahasiswa yang jauh dari rumah

– Pindah domisili

– Korban bencana.

Pemilih yang ingin pindah memilih harus mengurus surat pindah memilih (form A5) di Panitia Pemungutan Suara (PPS) sesuai alamat di e-KTP dengan menunjukan e-KTP dan memastikan bahwa anda telah terdaftar dalam DPT, paling lambat 30 hari sebelum pemungutan suara 17 April 2019. Petugas PPS akan mencoret nama yang sudah terdata dan memberikan surat pindah memilih (form A5). Setelah pemilih mendapatkan form A5 dari PPS segera laporakn form A5 tersebut ke PPS/KPU Kab/kota tujuan, maka pemilih akan didaftarkan dalam DPTb.

Pemilih pada DPTb punya kesempatan menggunakan hak pilih yang sama dengan pemilih DPT yaitu antara pukul 07.00-13.00 waktu setempat, dengan membawa form A5 dan e-KTP.

Daftar Pemilih Khusus (DPK)

Daftar Pemilih Khusus yang selanjutnya disingkat DPK adalah daftar Pemilih yang memiliki identitas kependudukan tetapi belum terdaftar dalam DPT dan DPTb. DPK dapat menggunakan hak pilihnya pada pukul 12.00-13.00 waktu setempat atau satu jam sebelum Tempat Pemungutan Suara (TPS) ditutup, namun untuk DPK tidak dapat menggunakan hak pilihnya di luar alamat e-KTP (dalam ringkup Kelurahan/Desa).

Catatan: Pemilih yang masuk dalam kategori apapun wajib membawa e-KTP sebagai syarat mencoblos di TPS pada Rabu, 17 April 2019.