KPU Tanah Laut Gelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019
01 Oktober 2018, 15:07:26

Sarankan

Deklarasi Kampanye Damai 2019 pada Senin pagi (1/10), di Halaman Kantor Bupati Tanah Laut
Pelaihari – KPU Kabupaten Tanah Laut menggelar acara Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019 pada Senin (1/10), pukul 07.00 WITA, di Halaman Kantor Bupati Tanah Laut. Acara yang bertepatan pada Hari Kesaktian Pancasila ini dihadiri oleh Ketua Partai Politik Tingkat Kabupaten, Bupati, Wakil Bupati, Kapolres, Dandim, Ketua DPRD Kabupaten, Ketua Pengadilan Negeri, Kejari, Bawaslu.Organisasi Masyarakat, dan pegawai yang berada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut.

Saat acara dimulai, Para Ketua Partai Politik mengambil posisi di depan para tamu undangan yang hadir kemudian membaca Ikrar Kampanye Damai yang isinya bahwa partai politik peserta Pemilu Tahun 2019 berjanji meujudkan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Selanjutnya melaksanakan kampanye Pemilu yang aman, sejuk, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoax, politisasi SARA dan politik uang. Terakhir, melaksanakan kampanye berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Setalah membaca Ikrar Kampanye Damai, acara dilanjutkan dengan Penandatanagan Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019 yang dilakukan oleh semua Ketua Partai Politik secara bergantian sesuai dengan nomor urut partai politik. Sebagai penutup, Bupati Tanah Laut, Kapolres, Dandim, Ketua KPU, Bawaslu, Kejari, Ketua Pengadilan Negeri dan Ketua DPRD ikut menandatangai Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019 tersebut.

Ketua KPU Kabupaten Tanah Laut, Arif Mukyar mengungkapkan tujuan digelarnya Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019 agar terciptanya suasana yang aman, damai dan sejuk di Kabupaten Tanah Laut. Pemilu adalah pesta demokrasi dan sebelum-sebelumnya hal ini sudah biasa dilalui oleh bangsa kita setiap lima tahun sekali.

“Yang paling penting mari kita jaga persatuan dan kesatuan. Jangan sampai kita memutuskan tali silaturahmi yang sudah kita jalin sejak dulu hanya karena berbeda pilihan politik. Mari berkampanye secara santun sesuai dengan nilai-nilai luhur adat istiadat masyarakat kita sejak dulu,” kata Arif.

Ia berharap, Pemilu Tahun 2019 di Kabupaten Tanah Laut dapat berjalan dengan sukses dan aman seperti Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Laut Tahun 2018 yang baru saja digelar pada bulan Juni yang lalu.

“Semoga sama seperti Pemilihan Bupati kemarin. Antar pasangan calon yang menang dan kalah tetap kompak, saling berpelukan dan makan bareng. Hal ini bisa menjadi contoh di daerah lain yang juga menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah, bahwa persaingan dalam demokrasi tidak merusak persahabatan dan persaudaraan,” ungkapnya. (BS)